6 Hal untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015

Posted by Unknown Sabtu, 25 Oktober 2014 0 komentar
Asalammualaikum wr wb....
selamat siang teman teman, sehat semua kan??
sudah lama nih saya nggak posting, biasa ada kesibukan sedikit hehe
kalo saya posting berarti saya ngganggur dong, hahhaa gak juga kok.
oke, kali ini sya akan ngebahas tetang pasar bebas asean..


bagi pengusaha pasar bebas asean sangatlah menakutkan bagi mereka,
karna dengan di berlakukannya pasar bebas asean maka negara negara di ASEAN,
seperti malaysia, thailand, vietnam kamboja serta singapura dan negara lainnya bebas memasarkan produknya langsung ke negara indonesia.

jika pengusaha indonesia tidak siap untuk menghadapi hal ini,
bakalan banyak UKM yg gulung tikar.

ada beberapa hal mulai harus di siapkan untuk pengusaha indonesia,
untuk menghadapi pasar bebas ASEAN 2015;

1. Kesiapan
2015 akan di jelang, pilihan yang ada untuk para pengusaha adalah  siap menghadapi atau tersisih dengan kompetisi yang ada. Kesiapan juga berbicara mengenai evaluasi-evaluasi terhadap kemampuan bisnis dan infrastruktur di dalamnya menghadapi persaingan dengan kompetitor.
 
2. Kecepatan
Pengusaha harus semakin cepat belajar. Cepat dalam beradaptasi dengan perkembangan zaman. Sigap dalam mengambil keputusan-keputusan strategis dalam bisnis. Cepat dalam menganalisa peluang-peluang yang ada dan mengambil celah di antara kompetitor.
Jangan  terlalu cepat bersantai dan tenang-tenang karena itu akan membuat Anda ketinggalan di banding pesaing Anda, apalagi pesaing sekarang juga  bertambah dari negara-negara lain.
 
3. Kapasitas
Jika selama ini Anda hanya melayani kebutuhan-kebutuhan atau order-order kecil, maka  Anda harus mempersiapkan diri dan bisnis untuk pasar yang lebih besar. Persiapkan sistem yang terstruktur dalam bisnis untuk bisa mengakomodir peluang-peluang besar yang muncul. Buat standarisasi produk yang memungkinkan Anda memproduksi produk dalam jumlah besar.
 
4. Kompetensi
Pengusaha di tahun 2015 harus siap untuk bernegosiasi ke calon pelanggan yang memiliki bahasa yang berbeda. Optimalkan kemampuan bahasa inggris Anda. Buatlah website, brosur, company profile atau kartu nama yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga produk Anda juga bisa dikenal oleh negara lain, bahkan bisa memperluas jaringan pelanggan Anda.Tenaga penjual dan costumer service di  bisnis Anda juga harus melatih kemampuan bahasa mereka.
 
5. Kolaborasi
Perdagangan bebas di 2015 adalah tantangan kita bersama, oleh karena itu semua pihak harus berjuang bersama untuk melawan hegemoni produk-produk lintas negara yang akan memonopoli kita. Jalinlah kerjasama dengan banyak pihak. Ikuti komunitas dan perbesar sinergi, sadarkan semua orang akan hal ini sehingga semuanya bisa ikut bahu-membahu menghadapi persaingan ini.
 
6. Komitmen
Kunci dari semua hal di atas adalah adanya komitmen untuk terus mengevaluasi diri. Komitmen untuk terus meningkatkan kualitas produk dan SDM di dalamnya. Komitmen untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi, penerapan e-commerce.
Sudah siapkah Anda menghadapi pasar bebas Asean 2015?

NAH itu tadi yg peru di siapkan untuk menghadapi pasar bebas ASEAN
semoga bermanfaat buat temen2 semua,
wasalam.............. 



BACA JUGA
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 6 Hal untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bayusangpejuang.blogspot.com/2014/10/6-hal-untuk-menghadapi-pasar-bebas.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Bayu septian nugroho.